Kamis, Juni 18, 2009

Tujuh Cara Cegah Sakit Maag

Berikut adalah tujuh cara mencegah sakit maag :

1. Awal gejala penyakit maag sering dianggap sepele. Penyebabnya pun sering kita lakukan tanpa kita sadari. Pola makan yang tidak disiplin, seperti tidak sarapan atau membiarkan lambung kosong di antara dua waktu makan, stres yang tidak ditangani dengan baik (baca butir 7), dan lain-lain bisa menjadi awal mula penyakit maag.

2. Anda memerlukan perhatian yang serius terhadap lambung Anda jika pada saat mulai makan, perut menjadi tidak enak, sering mengalami kembung atau diare, serta merasa penuh di ulu hati. Segera lakukan langkah pencegahan agar kondisi lambung Anda tidak bertambah parah.

3. Jika Anda ingin mengobati keluhan di bawah ini, pastikan bahwa itu bukan karena penyakit maag. Anda merasa kepala bergoyang kalau bangkit dari posisi berbaring, suka berkeringat dingin, lemas, mual, ingin muntah, dan mendadak seperti mau pingsan. Kalau Anda mencoba mengobati gejala di atas dengan obat antinyeri yang biasa dijual bebas, hati-hati karena akan lebih merusak lambung dan menambah parah penyakit maag Anda jika gejala itu karena maag Anda. Hasilnya akan sembuh sesaat untuk kambuh di kemudian hari karena persoalannya terletak pada lambung Anda.

4. Jangan gunakan susu untuk mengobati sakit maag yang akut. Memang protein susu bisa menenangkan asam lambung, namun bagian kalsiumnya justru bisa menambah berat sakitnya.

5. Jangan merokok. Asap rokok dipercaya menghalangi produksi zat prostaglandin tubuh. Zat ini merupakan pelindung dari serangan asam lambung dan pepsin. Perut menjadi lemah tanpa pertahanan. Zat lain yang juga bisa menghalangi pembentukan prostaglandin adalah Aspirin dan obat lain dalam keluarga antiperadangan bukan steroid (nonsteroid antiinflmasi).

6. Jika dalam proses penyembuhan penyakit maag, hindari mengonsumsi bahan bahan seperti mi, roti, nangka, pisang ambon, empek-empek, dan kopi.

7. Atasi stres Anda. Hidup tanpa stres rasanya tidak mungkin saat ini. Yang penting, bagaimana cara Anda mengelola stres tersebut. Cara-cara seperti belajar meditasi, menekuni hobi, dan berolahraga teratur sangat baik Anda lakukan agar stres tersebut tidak mengutak-utik maag Anda.

Sumber : dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar